Turki Terima 2 Jet Tempur Siluman F-35

Turki Terima 2 Jet Tempur Siluman F-35. Turki akan mendapatkan dua pesawat jet tempur siluman F-35 lagi pada Maret 2019. Hal itu disampaikan kepala program F-35, Wakil Laksamana Mat Winter di Arlington, Virginia.
Ankara berencana untuk mengakuisisi 100 unit jet tempur produksi Lockheed Martin Amerika Serikat (AS) itu pada tahun-tahun mendatang

Winter kepada wartawan mengatakan dia tidak melihat indikasi perubahan dalam pengiriman 100 jet tempur yang dipesan Turki.

“Pentagon harus menyerahkan laporan kepada Kongres dalam 90 hari dari Undang-Undang Otorisasi Pertahanan 2019 yang diberlakukan,” ujarnya,, mengacu pada amandemen Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional yang melarang penjualan F-35 ke

Undang-undang yang memblokir pengiriman pesawat tempur canggih itu dirancang Kongres. Mereka melakukannya sebagai respons atas keputusan Turki yang nekat membeli sistem rudal pertahanan S-400 Rusia. Alasan lainnya karena Ankara menahan pastor AS, Andrew Brunson, atas tuduhan mendukung kelompok teroris.

Sampai saat ini Pentagon belum mengeluarkan laporan tentang hubungan Turki-Amerika. Pentagon pernah memperingatkan Kongres AS bahwa pemblokiran pengiriman jet tempur ke Turki bisa mengganggu program F-35, di mana Ankara menjadi salah satu anggota yang ikut mendanai.
F-35, jet siluman yang dibangun oleh Lockheed Martin, dianggap sebagai salah satu peralatan militer AS yang paling mahal, dengan biaya pembuatan rata-rata sekitar USD100 juta.

Winter mengatakan bahwa kantornya telah memberikan informasi teknis dan program untuk laporan tersebut dan akan mengirimkannya dalam 90 hari.

Turki sebelumnya menerima kiriman dua jet tempur F-35 pertamanya pada akhir Juni pada sebuah upacara di Fort Worth, Texas. Meski telah diserahkan, pesawat itu belum boleh diterbangkan ke Ankara dan digunakan untuk latihan pilot Ankara.

Ankara yang merupakan anggota NATO telah bergabung dalam program F-35 sejak tahun 1999. Industri pertahanan Turki telah mengambil peran aktif dalam produksinya, termasuk Alp Aviation, AYESAS, Kale Aviation, Kale Pratt & Whitney dan Turki Aerospace Industries yang membuat bagian pertama dari produksi F-35

Comments

Popular posts from this blog

Pangeran Khaleed Al-Faisal Puji Penyelenggaraan Haji Indonesia

Persib Disanksi

Seorang Anggota DPRD dari Fraksi PPP Diperas